Berita

Minggu, 26 Jun 2022 10:29

SOSIALISASI LAYANAN PENGUJIAN DAN KALIBRASI DI TERNATE, BPFK INGIN PERKUAT CAKUPAN PELAYANAN KESEHATAN

TERNATE -- Seperti kegiatan sebelumnya, Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Makassar terus berupaya melakukan sosialisasi secara luas kepada sarana pelayanan kesehatan akan pentingnya pengujian dan kalibrasi alat kesehatan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 54 Tahun 2015.

Dalam kesempatan kali ini, BPFK Makassar menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Layanan Pengujian dan Kalibrasi BPFK Makassar di Sahid Bela Ternate Hotel & Resorts. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 09 Juni 2022 dan dihadiri secara luring oleh pelanggan BPFK Makassar dari Kota Ternate sebanyak 23 orang, dan secara daring oleh perwakilan Fasilitas Pelayanan Kesehatan dari Provinsi Maluku Utara (di luar Kota Ternate) sebanyak 24 Instansi.

Pertemuan Koordinasi ini diawali oleh laporan Ketua Panitia, Hj. Ratna, SKM, M.Kes. Beliau melaporkan kerangka acuan pelaksanaan rapat koordinasi ini. Kemudian dilanjutkan dengan Pembukaan Pertemuan Koordinasi ini oleh               dr. Idhar Sidi Umar, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara.

Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa melalui pertemuan ini diharapkan semakin tumbuh kesadaran (awareness) tentang pentingnya pengujian dan kalibrasi terhadap peralatan kesehatan yang dimiliki oleh setiap fasilitas pelayanan kesehatan khususnya di Provinsi Maluku Utara sehingga tujuan pembangunan kesehatan yaitu terwujudnya derajat kesehatan yang optimal dapat tercapai.

Materi pertama dibawakan oleh Hj. Ratna, SKM, M.Kes, selaku Koordinator Substansi Pelayanan Teknis, terkait mekanisme pelayanan di BPFK Makassar. Dalam materi ini dipaparkan dasar hukum serta pentingnya pengujian dan kalibrasi, alur layanan di BPFK Makassar, serta realisasi pengujian dan kalibrasi alat kesehatan di Provinsi Maluku Utara tahun 2021. Selanjutnya materi pengembangan mutu pelayanan dibawakan oleh Kamaruddin, ST, M.Adm.Kes selaku Koordinator dari substansi Tata Opersional. Pada sesi ini dipaparkan materi pengendalian mutu, pengembangan teknologi, bimbingan teknis, dan monitoring evaluasi layanan.

Materi ketiga membahas layanan baru di BPFK Makassar yaitu Inspeksi prasarana kesehatan. Materi yang dibawakan oleh Hj. Siti Marwah Rachman, ST, MT selaku Kepala Instalasi PKSPK ini memaparkan jenis-jenis inspeksi yang dapat dilayani oleh BPFK Makassar, yaitu Inspeksi Listrik Medis, Gas Medis, Tata Udara, serta Pengujian Grounding.

Materi terakhir dibawakan oleh Ansar, A.Md selaku Staf Sub Bagian Administrasi Umum, berkaitan dengan E-Billing Simponi PNBP. Materi ini menjelaskan tentang penggunaan E-Billing melalui Simponi di BPFK Makassar. Setiap akhir pemaparan materi, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab oleh peserta pertemuan baik secara luring maupun daring. []

Image
Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 11 Makassar, Sulawesi Selatan

0411-582345

0411-588199

kontak@bpfkmakassar.go.id

https://bpfkmakassar.go.id

INFORMASI

Layanan dan Pengaduan
Contact Person:

Pelayanan :

Hj. Ratna (0812-4173-690)

Pengaduan Pelanggan :

Kamaruddin  (0813-4200-0764)

MEDIA SOSIAL

bpfkmakassar

BPFK Makassar

© 2022 BPFK Makassar. All Rights Reserved. Website by JA

Estimasi Biaya Pengujian/Kalibrasi